Manfaat Tepung Terigu Untuk Luka Bakar


Saya pernah membaca satu Berita di blog artikel interaktif untuk kesehatan dgn informasi sebagai berikut:

Pada suatu hari saya memasak jagung dan menusukkan garpu ke jagung yang sedang direbus dalam air mendidih, untuk mengetahui apakah jagung itu sudah matang. Tetapi garpu itu meleset dan akibatnya tangan saya masuk ke dalam air mendidih itu.

Teman saya, seorang veteran tentara Vietnam, masuk ke dalam rumah ketika saya sedang menjerit kesakitan. Dia bertanya, apakah saya punya tepung terigu. Saya ambil sekantung terigu dan teman saya langsung memasukkan tangan saya yang terkena air panas itu ke kantung terigu itu. Dia mengatakan agar saya membiarkan tangan saya terendam tepung terigu selama 10 menit. Kemudian dia bercerita bahwa suatu ketika di Vietnam dia melihat ada orang yang terbakar. Semua orang yang melihat panik dan ada orang, entah siapa, yang melemparkan sekarung terigu ke tubuh orang itu untuk memadamkan api. Ternyata bukan saja apinya padam, tapi tubuh orang itu sama sekali tidak melepuh terkena api.

Mendengar cerita itu, saya membiarkan tangan saya selama 10 menit di dalam kantung terigu itu. Ketika saya menarik keluar tangan saya, kulit tangan saya sama sekali tidak ada yang merah atau melepuh, dan TIDAK SAKIT.

Sekarang saya selalu menyediakan sekantung tepung terigu di dalam lemari es. Setiap kali tangan saya terkena sesuatu yang panas, saya memasukkannya ke kantung terigu itu. Kulit saya tidak pernah satu kali pun menjadi merah, hitam, atau melepuh.

Tepung dingin terasa lebih enak/nyaman daripada tepung hangat (suhu kamar).

Amazing!!! Simpanlah selalu sekantung tepung terigu di lemari es. Suatu saat Anda akan bersyukur bahwa ada terigu di sana. Ketika lidah saya terbakar minuman panas, saya bubuhi tepung terigu dan membiarkan tepung terigu tetap di lidah selama 10 menit. Ternyata sakitnya hilang dan tidak ada bekas terbakar. Cobalah.

Janganlah menyiram bagian tubuh yang terbakar (terkena benda panas) dengan air dingin dulu. Langsung masukkan dan rendam di kantung tepung terigu selama 10 menit, dan lihatlah / rasakanlah suatu keajaiban.

Selamat Mencoba dan jangan lupa bagikan berita ini ke sahabat anda yang lainnya. Indahnya berbagi untuk sesama. Sumber
=====

Tidak seperti luka bakar derajat tiga yang memerlukan penanganan medis khusus, luka bakar kecil yang sering kita alami di rumah ternyata membutuhkan penanganan simpel yang bisa dilakukan siapa saja. Tidak peduli apa yang menyebabkan luka bakar, hal yang paling utama dipikirkan adalah semakin cepat penanganannya maka hasilnya akan semakin baik. Apa yang anda lakukan pada menit menit pertama setelah terbakar akan menentukan hasil dari penyembuhan luka bakar tersebut pada kulit.

Susu merupakan cairan yang paling bagus untuk mengompress luka bakar kecil. Rendam daerah luka dengan susu selama 15 menit atau lebih. Bila anda kesulitan merendam, anda bisa menggunakan handuk yang telah dibasahi susu untuk menutup daerah yang terbakar. Lemak yang terdapat dalam susu akan menyejukan daerah yang terbakar dan mempercepat penyembuhan.

Setelah 24 jam, basuhlah daerah yang terbakar dengan lembut menggunakan sabun dan air bersih. Usahakan daerah luka tetap kering dan tertutup setelah dibersihkan untuk mencegah infeksi.

Menggunakan terlalu banyak es atau air yang sangat dingin akan memperburuk kondisi luka bakar. Gunakanlah air yang sejuk dan bukan yang dingin. Air sejuk akan mencegah jaringan yang terbakar meluas dan air ini berfungsi pula sebagai pereda rasa nyeri sementara.

Lidah buaya akan mempercepat proses penyembuhan. Dua atau tiga hari setelah terluka, anda dapat membubuhi daerah luka dengan cairan dari daun lidah buaya. Kesejukan dari cairan itu akan membantu meredakan nyeri. Gunakan empat sampai 5 kali sehari tanpa ditutup dengan perban.

Makanlah banyak makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, anda juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan E. Vitamin E akan mempercepat penyembuhan dan mencegah pembentukan jaringan parut.

Irislah kentang lalu tutup daerah yang terbakar menggunakan irisan tersebut. Zat tepung pada kentang akan menetralisir luka bakar, rasa nyeri dan mencegah pembentukan jaringan parut.

Madu yang digunakan untuk menutup luka akan menyejukan luka, meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan. Madu juga akan mencegah infeksi kuman serta melindungi daerah luka.

Minyak lavender akan meredakan rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan serta mencegah jaringan parut. Pertama tama, bersihkan daerah luka dengan air dan sabun. Campur minyak lavender dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1 : 3. Selanjutnya tutuplah daerah luka dengan campuran tadi.

Menutup luka bakar dengan menggunakan putih telur akan mencegah luka bakar menjadi kering.

Semua tips diatas hanya berlaku untuk luka bakar derajat ringan dengan daerah yang tidak begitu luas. Bila sebaliknya, anda harus segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Sumber2

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak