Cara Melakukan Detoksifikasi Mandiri

Cara Melakukan Detoksifikasi

2 Metode : Detoks Jangka Pendek dan Detoks Jangka Panjang

Detoksifikasi atau detoks adalah proses untuk menyingkirkan zat-zat beracun dari tubuh. Diet yang menyatakan bisa mencapai detoks secara penuh dalam beberapa hari telah ada selama beberapa dekade dan beberapa metodenya pun ada. Sementara sampai saat ini belum terbukti secara ilmiah menyingkirkan racun dari dalam tubuh, banyak orang yang mengklaim merasa lebih fokus dan semangat selama dan setelah melakukan detoks, kemungkinan besar karena menghindari makanan olahan.

Catatan: Artikel ini tidak mengandung informasi tentang bagaimana cara mendetoksifikasi seseorang yang sedang dalam penanganan karena kecanduan alkohol atau penggunaan obat-obatan terlarang. Detoksifikasi untuk kecanduan alkohol atau zat-zat terlarang khususnya benzodiazepina harus selalu dilakukan di bawah pengawasan tenaga medis profesional.

Metode 1 dari 2: Detoks Jangka Pendek

Buah.Segar.jpg (1200×900)

Lakukan detoks buah. Detoks buah adalah cara yang baik untuk berpuasa tanpa membuat Anda lapar. Beberapa manfaat dari konsumsi buah yang cukup adalah meningkatnya energi, membantu mengatur berat badan, dan bahkan mengurangi kemungkinan timbulnya stroke Anda bisa melakukan detoks dengan makan sejumlah buah yang berbeda atau hanya makan satu jenis buah. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah buah yang Anda sukai agar tidak merasa menderita. Jangan melakukan diet buah lebih dari 7 hari berturut-turut.

Makanlah buah-buahan jeruk. Buah-buahan ini memiliki kekuatan mendetoksifikasi paling tinggi, yaitu jeruk manis, jeruk ponkam, jeruk lemon, dan jeruk nipis. Anda bisa memakannya begitu saja atau digabungkan dengan buah-buahan lain. Sekali lagi, jangan lakukan diet buah ini melebihi 7 hari berturut-turut.

Cobalah detoks buah anggur. Buah anggur mengandung resveratol yang bisa mencegah kanker, diabetes, dan mencegah pembekuan darah. Anggur juga merupakan sumber potasium dan vitamin C yang bagus. Makanlah hanya buah anggur (jenis apa saja yang Anda sukai) selama 3-5 hari.

Beragam+Jenis+Minuman+Sehat+Untuk+Wanita+Hamil.jpg (900×500)

Lakukan puasa cairan. Konsumsilah minuman saja (air, teh, jus buah, jus sayuran, dan/atau minuman protein) selama 2-3 hari. Diet cairan dapat membantu mengurangi berat badan dengan membatasi asupan kalori dan dipercaya membersihkan tubuh dari racun-racun tertentu, meskipun tak ada riset yang solid untuk mendukung klaim ini.

Pastikan untuk memasukkan jus buah dan/atau sayuran ke dalam puasa ini untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang tepat.

Jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, maka Anda harus mengubah kebiasaan makan ketika sudah selesai menjalankan puasa ini, karena kalau tidak, berat badan Anda akan kembali seperti semula.

Buah.Dan.Sayur.jpg (1600×1015)

Makanlah hanya buah-buahan dan sayuran selama 7 hari. Buah dan sayuran mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Pastikan untuk makan kombinasi buah dan sayuran yang berbeda untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang tepat. Gunakan petunjuk berikut untuk menentukan apa yang harus dimakan saat puasa:
  • Dapatkan asupan serat dari kacang merah, kacang hitam, apel, kedelai, bluberi, dan artichoke.
  • Dapatkan asupan potasium dari wortel, pisang, kacang kratok, kentang putih, sayuran hijau matang, dan ubi.
  • Dapatkan asupan Vitamin C dari kiwi, stroberi, kale, kembang kol, tomat, jeruk manis, kol brussels sprout, mangga, dan paprika.
  • Dapatkan asupan asam folat dari bayam matang, melon, asparagus, jeruk manis, dan kacang tunggak.
  • Dapatkan asupan lemak baik dari alpukat, zaitun, dan kelapa.

Metode 2 dari 2: Detoks Jangka Panjang

sayuran-buah-dan-daging-organik.png (922×600)

Daging-Organik.jpg (780×390)

Makanlah sayuran, buah, dan daging organik. Tanaman konvensional ditanam menggunakan pupuk kimia dan insektisida sintetis, sementara tanaman organik ditanam menggunakan pupuk dan pestisida alami.[14] Daging organik hanya mengandung antibiotik, hormon pertumbuhan, dan obat-obatan yang sangat sedikit yang biasa diberikan pada hewan di peternakan konvensional.
Periksa label makanan, apakah tergolong organik atau tidak. Di Amerika Serikat, makanan organik harus memiliki label hijau USDA Certified Organic Seal.

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup. Minum air putih dalam jumlah yang cukup penting untuk kesehatan. Di antara berbagai manfaatnya, air membantu memelihara tingkat cairan di dalam tubuh, yang membantu ginjal mengeluarkan racun utama yaitu nitrogen urea darah.

Minumlah air jeruk lemon. Tambahkan perasan jeruk lemon, jeruk manis, atau jeruk nipis ke dalam air putih untuk diminum sepanjang hari. Buah-buahan ini mengandung asam sitrat, yang membantu tubuh menyingkirkan lemak. Selain itu, tambahan rasa jeruk di dalam air memudahkan Anda untuk minum air putih 8 gelas sehari! Sikatlah gigi di sela-sela waktu makan utama untuk mencegah pengikisan zat asam pada gigi dari buah jeruk ini.

say-no-to-alcohol.jpg (1600×1067)

Batasi konsumsi alkohol. Riset menunjukkan alkohol berhubungan dengan serangan jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara pada wanita. Meskipun Anda tidak perlu membatasi sama sekali, minumlah paling banyak satu gelas anggur atau bir dalam satu malam.

Metode 2 dari 2: Detoks Jangka Panjang

Gula.Sugar.jpg (1500×1000)

Hindari gula tambahan. Mengonsumsi gula berlebihan secara teratur dapat menyebabkan level gula darah meningkat, sehingga Anda berpeluang lebih besar terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker dalam jangka panjang. Bacalah label nutrisi pada produk makanan dan waspadalah terhadap gula tambahan pada roti, saus untuk salad, dan aneka saus.

Bahaya+asap+rokok+pemicu+kematian.jpg (750×500)

Batasi paparan racun yang membahayakan yang ada di udara. Ini termasuk karbon monoksida, radon, dan asbes zat-zat lain yang ada di sekitar rumah.

Karbon monoksida adalah zat tak berbau yang fatal yang dihasilkan dari perapian, pemanggangan, dan mesin mobil. Efek samping yang timbul adalah sakit kepala, pusing, dan pingsan.

Pertimbangkan untuk memasang detektor karbonmonoksida di rumah dan buatlah agar rumah memiliki ventilasi yang tepat.

Rumah dan bangunan harus diuji terhadap paparan asbes dan radon.

Siluet_Dzikir_Meditasi.jpg (1024×653)

Meditasi. Banyak ajaran agama dan filsafat menganjurkan puasa sebagai cara untuk memfokuskan kembali pikiran dan membangun rasa damai. Saat Anda mendetoksifikasi tubuh, cobalah hindari rasa dendam, kemarahan, kesedihan, dan perasaan-perasaan negatif lainnya. Gunakan waktu yang biasa Anda gunakan untuk makan atau menyiapkan makanan dengan memikirkan tujuan dan aspirasi Anda. Kumpulkan pemikiran Anda di dalam jurnal.

food-salad-restaurant-person.png (1280×887)

Jangan terlalu berlebihan melakukannya. Hal yang paling penting dari semua itu adalah menemukan program yang seimbang dan bisa dicapai yang digabungkan dengan latihan olahraga sehari-hari dan mengubahnya ke dalam diet yang sehat dengan pengawasan yang teratur dan memenuhi syarat. Ingat, Anda sedang berusaha mengatur tahapan-tahapan kebiasaan sehat, dan bukan memaksa tubuh dengan perubahan yang cepat, ekstrem, dan keliru. Coba hindari pesta minuman keras ketika menjalani detoks.

Tips
  • Lakukan detoks bersama teman. Anda bisa saling mendukung melalui saat-saat yang sulit, merayakan keberhasilan menjalani detoks, juga berbagi resep dan tips.
  • Makanlah dengan lambat. Selama proses detoksifikasi, Anda bisa memperlambat proses makan dengan mengunyah secara perlahan, tidak terburu-buru. Makan dengan lambat juga membantu proses pencernaan.
  • Carilah waktu untuk melakukan olahraga ringan. Yoga, pilates, berenang, atau berjalan cepat adalah kegiatan-kegiatan yang ideal. Jangan lakukan olahraga berat seperti lari atau latihan beban saat puasa.
  • Lakukan pijatan. Buatlah janji dengan pemijat profesional atau gunakan sarung tangan khusus eksfoliasi (exfoliating mitt) untuk memijat kulit.
  • Istirahat. Anda mungkin menyadari kalau detoks membuat Anda merasa lebih semangat atau meningkatkan energi. Tidur cukup adalah hal yang penting saat puasa. Pastikan Anda tidur 8 jam setiap malam dengan tambahan tidur siang jika perlu.

Peringatan
  • Meskipun Anda merasa nyaman saat puasa, jangan lanjutkan detoks lebih dari 10-14 hari. Puasa jangka panjang atau kelaparan dapat merusak metabolisme secara permanen.
  • Beberapa metode detoks bisa menyebabkan pingsan di hari pertama atau kedua, jadi berikan waktu bagi tubuh untuk rileks dan hindari kegiatan yang berat.
  • Jangan lakukan puasa cairan lebih dari tiga hari berturut-turut.
  • Jangan hanya mengikuti diet detoks yang Anda temukan di internet. Banyak yang metode yang tidak aman dijalankan pada situasi apapun. Jalankan selalu rencana Anda dengan pengawasan dari dokter atau ahli nutrisi berlisensi.[1].
  • Sebagian besar ahli medis percaya bahwa hati dan ginjal memberikan detoksifikasi yang memadai tanpa perlu diet khusus. Perhatikan, Anda mungkin tidak menyadari perbedaan besar di dalam kesehatan Anda.
  • Jangan teruskan berpuasa jika rasanya mau pingsan. Jika Anda pusing atau merasa akan pingsan, berarti diet Anda sudah terlalu berlebihan. Segera makan sepotong roti atau biskuit untuk meningkatkan gula darah dan konsumsilah minuman kaya elektrolit. Berbaring atau duduklah dan letakkan kepala di antara lutut jika memungkinkan. Jangan teruskan diet Anda.

↑ 1http://www.mayoclinic.com/health/detox-diets/AN01334
↑ http://www.webmd.com/diet/news/20040824/citrus-fruit-packs-a-healthy-punch
↑ http://www.webmd.com/stroke/news/20120223/citrus-fruits-may-lower-womens-stroke-risk
↑ http://www.webmd.com/diet/news/20040824/citrus-fruit-packs-a-healthy-punch
↑ http://www.webmd.com/stroke/news/20120223/citrus-fruits-may-lower-womens-stroke-risk
↑ http://www.elle.com/beauty/health-fitness/the-grape-cure-388026
↑ http://www.webmd.com/diet/liquid-diets
↑ http://www.webmd.com/diet/liquid-diets
↑ http://health.state.ga.us/pdfs/familyhealth/nutrition/self-paced%20lesson%20plan.pdf
↑ http://health.state.ga.us/pdfs/familyhealth/nutrition/self-paced%20lesson%20plan.pdf
↑ http://health.state.ga.us/pdfs/familyhealth/nutrition/self-paced%20lesson%20plan.pdf
↑ http://health.state.ga.us/pdfs/familyhealth/nutrition/self-paced%20lesson%20plan.pdf
↑ http://health.state.ga.us/pdfs/familyhealth/nutrition/self-paced%20lesson%20plan.pdf
↑ http://www.mayoclinic.com/health/organic-food/NU00255
↑ http://www.mayoclinic.com/health/organic-food/NU00255
↑ http://www.mayoclinic.com/health/organic-food/NU00255
↑ http://www.webmd.com/diet/features/6-reasons-to-drink-water?page=2
↑ http://www.marieclaire.com/health-fitness/advice/at-home-detoxing-detox-facts
↑ http://www.cancer.org/acs/groups/content/@healthpromotions/documents/document/acsq-017622.pdf
↑ http://www.self.com/fooddiet/2010/08/the-healthy-way-to-detox-slideshow#slide=1
↑ http://www.cdc.gov/co/
↑ http://www.cdc.gov/co/
=====

Detoksifikasi berarti pengluaran racun dari tubuh. Karena setiap hari, tubuh kita memproduksi racun terutama hasil metabolisme. Selain itu, peggunaan obat-obatan juga bisa menghasilkan efek samping berupa racun bagi tubuh.

Untuk itu, kita perlu mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubu it. Dan air adalah, komponen yang tepat untuk mengeluarkan racun dengan sehat. Namun, bukan hanya air saja yang bisa mengeluarkan racun dari tubuh.

Beberapa makanan sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari, agar tubuh kita terbebas dari racun. Jika Anda ingin melakukan detoksifikasi tubuh secara alami dan cepat dalam 30 hari, berikut 14 cara yang bisa Anda lakukan, yang dikutip dari Boldsky:

  1. Buah. Salah satu cara untuk detoksifikasi tubuh secara alami di rumah adalah dengan melakukan diet buah. Detoksifikasi bisa dilakukan dengan mengonsumsi banyak buah-buahan dari beragam jenis.
  2. Cairan. Ini adalah salah satu cara untuk detoksifikasi tubuh. Hanya dengan mengkonsumsi cairan seperti teh, jus, atau air yang cukup banyak. Anda dapat melakukan ini selama 2-3 hari, untuk membersihkan tubuh Anda dari semua racun.
  3. Buah dan sayuran. Ini adalah metode detoksifikasi alami terbaik. Buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin, mineral dan nutrisi lain yang membantu dalam detoksifikasi tubuh.
  4. Produk Organik. Salah satu cara untuk detoksifikasi tubuh secara alami di rumah adalah, memastikan bahwa Anda selalu mengkonsumsi sayuran organik.
  5. Air. Pastikan Anda minum setidaknya delapan gelas air sehari. Hal ini penting karena ini akan membantu mengeluarkan semua racun dari tubuh. Jika memungkinkan, minum tiga liter air setiap harinya.
  6. Hindari alkohol. Salah satu cara untuk detoksifikasi tubuh adalah untuk mengatakan tidak terhadap alkohol. Alkohol hanya akan mencemari tubuh, dan menyebabkan masalah lain seperti kanker.
  7. Hindari gula. cara alami lain untuk detoksifikasi tubuh adalah untuk menghindari konsumsi gula berlebihan. Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung gula banyak, seperti kue, minuman soda atau permen.
  8. Racun berbahaya di udara. Karbondioksida dari tungku, pemanggang dan mesin mobil, berbahaya bagi tubuh. Untuk menjaga tubuh bersih, hindari tempat-tempat yang banyak mengandung polusi udara.
  9. Meditasi. Hal ini tidak hanya baik bagi tubuh, tetapi juga pikiran yang perlu dibersihkan. Jauhkan pikiran Anda dari segala aktivitas dan tetaplah tenang. Hindari pikiran negatif, kemarahan dan kesedihan.
  10. Seimbangkan antara tubuh dan pikiran. Perawatan harus dilakukan untuk memastikan bahwa ada keseimbangan di dalam tubuh kita. Diet yang sehat dan latihan adalah kuncinya.
  11. Air dengan Lemon. Ini adalah salah satu cara untuk detoksifikasi tubuh. Ini akan membantu pencernaan dan menstimulasi hati, yang akan membantu dalam proses detoksifikasi.
  12. Makan biji-bijian. Biji-bijian yang dimasak utuh adalah metode lain untuk membantu proses detoksifikasi. Cara ini untuk menghindari gluten, karena dapat berbahaya bagi tubuh.
  13. Aturan 80-20. Sementara Anda melakukan proses detoksifikasi, Anda harus selalu ingat aturan ini. Konsumsi buah-buahan dan sayuran mentah sebanyak 80 persen, dan sisanya 20 persen makanan yang dimasak.
  14. Hindari beberapa makanan susu produk, telur, daging, ikan, gula, gluten dan alkohol. Anda harus benar-benar menghindarinya, jika ingin mendetoksifikasi tubuh Anda.


Sumber

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak